Translate

Kamis, 06 Juni 2013

UU Perlindungan Konsumen

UU PERLINDUNGAN KONSUMEN

UNDANG­UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 8 TAHUN 1999
TENTANG
PERLINDUNGAN KONSUMEN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Menimbang             :    a.   bahwa   pembangunan   nasional   bertujuan   untuk   mewujudkan 
suatu  masyarakat  adil  dan  makmur  yang  merata materiil  dan 
spiritual dalam era demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila 
dan Undang­Undang Dasar 1945;
b.   bahwa   pembangunan   perekonomian   nasional   opada   era 
globalisasi   harus   dapat   mendukung   tumbuhnya   dunia   usaha 
sehingga mampu menghasilkan beraneka barang dan/ jasa yang 
memiliki   kandungan   teknologi   yang   dapat   meningkatkan 
kesejahteraan masyarakat banyak dan sekaligus mendapatkan 
kepastian     atas     barang     dan/jasa     yang     diperoleh     dari 
perdagangan tanpa mengakibatkan kerugian konsumen;
c.     bahwa semakin terbukanya pasar nasional sebagai akibat dari 
proses globalisasi ekonomi harus tetap menjamin peningkatan 
kesejahteraan masyarakat serta kepatian atas mutu, jumlah dan 
keamanan barang dan/ atau jasa yang diperolehnya di pasar;
d.   bahwa   untuk   meningkatkan   harkat   dan   martabat   konsumen 
perlu   meningkatkan   kesadaran,   pengetahuan,   kepedulian, 
kemampuan   dan   kemandirian   konsumen   untuk   melindungi 
dirinya serta menumbuhkembangkan sikap perilaku usaha yang 
bertanggung jawab;
e.   bahwa     ketentuan     hukum     yang     melindungi     kepentingan 
konsumen di Indonesia belum memadai


UU PERLINDUNGAN KONSUMEN
f.      bahwa   berdasarkan   pertimbangan   tersebut   di   atas  diperlukan 
perangkat   peraturan   perundang­undangan   untuk   mewujudkan 
keseimbangan perlindungan kepentingan konsumen dan pelaku 
usaha sehingga tercipta perekonomian yang sehat;
g.   bahwa   untuk   itu   perlu   dibentuk   undang­undang   tentang 
perlindungan konsumen.
Mengingat               :    Pasal 5 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27, dan Pasal 33 Undang­
Undang Dasar 1945

Dengan persetujuan
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
MEMUTUSKAN

Menetapkan            :    UNDANG­UNDANG TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam undang­undang ini yang dimaksud dengan : 
1.     Perlindungan   konsumen  adalah   segala   upaya   yang   menjamin   adanya   kepastian 
hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen
2.     Konsumen  adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam 
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk 
hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. 
3.     Pelaku   usaha   adalah   setiap   orang   perseorangan   atau   badan   usaha,   baik   yang 
berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan 
atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri 
maupun   bersama­sama   melalui   perjanjian   menyelenggarakan   kegiatan   usaha   dalam 
berbagai bidang ekonomi. 

Halaman  2



UU PERLINDUNGAN KONSUMEN
4.     Barang  adalah   setiap   benda   baik   berwujud   maupun   tidak   berwujud,   baik   bergerak 
maupun tidak bergerak, dapat dihabiskan maupun tidak dapat dihabiskan, yang dapat 
untuk diperdagangkan, dipakai, dipergunakan, atau dimanfaatkan oleh konsumen. 
5.     Jasa  adalah setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang disediakan 
bagi masyarakat untuk dimanfaatkan oleh konsumen. 
6.     Promosi  adalah   kegiatan   pengenalan   atau   penyebarluasan   informasi   suatu   barang 
dan/atau jasa untuk menarik minat beli konsumen terhadap barang dan/atau jasa yang 
akan dan sedang diperdagangkan.
7.     Impor barang adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.
8.     Impor jasa  adalah kegiatan penyediaan jasa asing untuk digunakan di dalam wilayah 
Republik Indonesia. 
9.     Lembaga   Perlindungan   Konsumen   Swadaya   Masyarakat  adalah   lembaga   non­
pemerintah   yang   terdaftar   dan   diakui   oleh   pemerintah   yang   mempunyai   kegiatan 
menangani perlindungan konsumen. 
10. Klausula   Baku  adalah   setiap   aturan   atau   ketentuan   dan   syarat­syarat   yang   telah 
dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang 
dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi 
oleh konsumen. 
11. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen  adalah badan yang bertugas menangani 
dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen. 
12. Badan   Perlindungan   Konsumen   Nasional   adalah   badan   yang   dibentuk   untuk 
membantu upaya pengembangan perlindungan konsumen. 
13. Menteri  adalah   menteri   yang   ruang   lingkup   tugas   dan   tanggung   jawabnya   meliputi 

bidang perdagangan. 



BAB II
ASAS DAN TUJUAN

Pasal 2


Halaman  3



UU PERLINDUNGAN KONSUMEN
Perlindungan   konsumen   berasaskan   manfaat,   keadilan,   keseimbangan,   keamanan   dan 
keselamatan konsumen, serta kepastian hukum. 
   
Pasal 3
Perlindungan konsumen bertujuan : 
a.   meningkatkan  kesadaran,  kemampuan  dan  kemandirian konsumen  untuk  melindungi 
diri; 
b.   mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses 
negatif pemakaian barang dan/atau jasa; 
c.     meningkatkan   pemberdayaan   konsumen   dalam   memilih,   menentukan   dan   menuntut 
hak­haknya sebagai konsumen; 
d.   menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum 
dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi; 
e.   menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen 
sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha; 
f.      meningkatkan   kualitas   barang   dan/atau   jasa   yang   menjamin   kelangsungan   usaha 
produksi barang dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan 
konsumen. 

BAB III
HAK DAN KEWAJIBAN

Bagian Pertama
Hak dan Kewajiban Konsumen

Pasal 4
Hak konsumen adalah : 
a.   hak   atas   kenyamanan,   keamanan,   dan   keselamatan   dalam   mengkonsumsi   barang 
dan/atau jasa; 
b.   hak   untuk   memilih   barang   dan/atau   jasa   serta   mendapatkan   barang   dan/atau   jasa 
tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan; 

Halaman  4



UU PERLINDUNGAN KONSUMEN
c.     hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang 
dan/atau jasa; 
d.   hak   untuk   didengar   pendapat   dan   keluhannya   atas   barang   dan/atau   jasa   yang 
digunakan; 
e.   hak   untuk   mendapatkan   advokasi,   perlindungan,   dan   upaya   penyelesaian   sengketa 
perlindungan konsumen secara patut; 
f.      hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen; 
g.   hak unduk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif; 
h.   hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang 
dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan  perjanjian  atau tidak sebagaimana 
mestinya; 
i.      hak­hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang­undangan lainnya. 

Pasal 5
Kewajiban konsumen adalah : 
a.   membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan 
barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan; 
b.   beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa; 
c.     membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati; 
d.   mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut. 

Bagian Kedua
Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha

Pasal 6
Hak pelaku usaha adalah : 
a.   hak untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi 
dan nilai tukar barang dan/atau jasa yang diperdagangkan; 
b.   hak untuk mendapat perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak 
baik; 



Halaman  5



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Lewat Facebook